KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TEKNIK KENDARAAN RINGAN MENURUT PENDAPAT SISWA KELAS XI SMK N 1 SEYEGAN

Wahid Romadin Zuhdi, universitas negeri yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru berdasarkan pendapat siswa Kelas XI di SMK N 1 SEYEGAN. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru kelas XI program Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK N 1 Seyegan Yogyakarta sejumlah 5 guru. Metode penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (Questioner). Uji validitas instrumen penelitian dengan menguji validitas isi dan butir. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru 1 mempunyai kompetensi pedagogik yang sangat kompeten dari pernyataan 35% responden (siswa). Guru 2 mempunyai kompetensi pedagogik yang cukup kompeten dari pernyataan 37% responden (siswa). 35% responden (siswa) menyatakan bahwa guru 3 memiliki kompetensi pedagogik cukup kompeten. 31% responden (siswa) menyatakan bahwa guru 4 memiliki kompetensi pedagogik tidak kompeten. 37% responden (siswa) menyatakan bahwa guru 5 mempunyai kompetensi pedagogik yang cukup kompeten. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari penilaian kepala sekolah menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik Guru di kelas XI TKR mempunyai kompetensi pedagogik baik.

Kata Kunci: Pedagogik Guru, Kompetensi 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.