PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM PENGAPIAN

Ryan Kuntoro, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Moch Solikin, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas XI TKR B tahun pelajaran 2017/2018 dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada pokok bahasan sistem pengapian di SMK Nasional Berbah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Desain penelitian mengacu pada desain penelitian model Kemmis dan Taggart dengan empat tahapan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI B program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Nasional Berbah sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui lembar observasi guru serta tes hasil belajar siswa atau tes objektif. Penelitian tindakan selesai setelah jumlah siswa yang tuntas belajar ≥75%. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus pertama terdiri dari 2 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 64,33 dengan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa dan ketuntasan belajar klasikal 20% sehingga belum mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan. Sedangkan hasil penelitian siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 74,11 dengan jumlah siswa yang tuntas 23 siswa dan ketuntasan klasikal sebesar 76,7% sehingga sudah menunjukkan ketercapaian target penelitian yaitu lebih dari 75% siswa mencapai nilai KKM sehingga penelitian berhenti pada siklus II. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pengapian. Kata kunci: PTK, model pembelajaran TGT, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.