PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF
Sudiyanto Sudiyanto, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode tutor sebaya pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) kelas X TKR A di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode tutor sebaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKR A di SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah sebanyak 28 siswa. Variabel yang diamati dan diukur adalah hasil belajar siswa. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebayadapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR A pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 50% dari pra tindakan ke siklus I dan meningkat sebesar 10,71% dari siklus I ke siklus II.
Kata kunci: Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar Siswa, TDO.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.