MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PDTO
Lilik Chaerul Yuswono, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PDTO di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X TSM B SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TSM B pada mata pelajaran PDTO Di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Rata-rata keaktifan belajar siswa pada observasi awal hanya mencapai 36,22%. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa mencapai 59,78% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,44 %. Hasil belajar siwa pada observasi awal, dilihat dari ujian tengah semester siswa yang mencapai nilai KKM (75,00) hanya 30,00% dari jumlah seluruh siswa . Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 60,00% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,00%.
Kata Kunci: Jigsaw, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.