EVALUASI IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO)
Muhkamad Wakid, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui perencanaan penilaian pendidik terhadap peserta didik pada mata pelajaran PDTO di SMK Nasional Berbah; (2) mengetahui pelaksanaan penilaian pendidik terhadap peserta didik pada mata pelajaran PDTO di SMK Nasional Berbah; (3) mengetahui pelaporan hasil penilaian pendidik terhadap peserta didik pada mata pelajaran PDTO di SMK Nasional Berbah.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru, siswa, dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum SMK Nasional Berbah. Teknik pengumpulan data diambil melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) perencanaan penilaian pada mata pelajaran PDTO kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nasional Berbah adalah sangat baik dengan ketercapaian angka 7,6 dari skor maksimal 8; (2) pelaksanaan penilaian mata pelajaran PDTO kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nasional Berbah sangat baik dengan ketercapaian angka 3,8 dari skor maksimal 4 oleh guru dan 9,57 dari skor maksimal 12 oleh siswa; (3) pelaporan penilaian mata pelajaran PDTO kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nasional Berbah adalah sangat baik dengan ketercapaian angka 3,8 dari skor maksimal 4 oleh guru dan 6,25 dari skor maksimal 8 oleh siswa; Evaluasi implementasi standar penilaian mata pelajaran PDTO berdasarkan Kurikulum 2013 kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nasional Berbah adalah sangat baik. Kata kunci: Evaluasi, Standar Penilaian, Sekolah Menengah Kejuruan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.