ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELUARGA MENUJU SEJAHTERA DI SMK NEGERI 3YOGYAKARTA

Crezenco Lucky, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Martubi Martubi, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dialami peserta didik Keluarga Menuju Sejahtera SMK Negeri 3 Yogyakarta ditinjau dari faktor internal dan eksternal.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa keluarga menuju sejahtera di SMK Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 41 siswa dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Data anak didik keluarga menuju sejahtera diperoleh dari pengumpulan dokumentasi dan wawancara yang dilakukan kepada siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan teknik skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar ditinjau dari faktor internal adalah faktor intelegensi dengan sebesar 24,73%, faktor minat sebesar 21,5%, faktor motif sebesar 24,73%, faktor kematangan sebesar 29,03%. Sedangkan jika ditinjau dari faktor eksternal meliputi faktor keluarga sebesar 36,36%, faktor sekolah sebesar 37,66%, faktor lingkungan sebesar 25,98%.
Kata kunci : faktor, kesulitan belajar, KMS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.