PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL DRILLING UNTUK MENIGKATKAN KEAKTIFAN AKTIFITAS POSITIF DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Ahmad Faisal Murfi, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Lilik Chaerul Yuswono, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan aktifitas positif dan ketuntasan hasil belajar peserta didik menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Snowball Drilling berdasarkan permasalahan yang terjadi yaitu keaktifan aktifitas positif sebesar 18% atau sebanyak 6 peserta didik dan ketuntasan hasil belajar sebesar 81% atau sebanyak 27 peserta didik.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKR A SMK N 2 Klaten yang berjumlah 33 orang peserta didik terdiri dari 31 putra dan 2 orang putri. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah apabila angka keaktifan aktifitas positif mencapai 80% atau sebanyak 27 peserta didik dan ketuntasan belajar sebesar 85% atau sebanyak 29 peserta didik. Variabel yang diteliti adalah keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah, lembar observasi, dan soal tes. Data dianalisis secara deskriptif - kualitatif.Hasil penelitian dari penerapan metode pembelajaran Kooperatif Snowball Drilling kelas XI TKR A SMK N 2 Klaten pada materi sistem starter dapat meningkatkan keaktifan aktifitas positif dan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Dari kondisi awal keaktifan aktifitas positif sebesar 18% atau sebanyak 6 peserta didik mengalami peningkatan menjadi 87,80% atau sebanyak 29 peserta didik, dan ketuntasan hasil belajar sebesar 81% atau sebanyak 27 peserta didik mengalami peningkatan menjadi 87.90% atau sebanyak 29 peserta didik. Kata Kunci : keaktifan, hasil belajar, snowball drilling

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.