RELEVANSI KOMPETENSI SMK TEKNIK KENDARAAN RINGAN DENGAN KOMPETENSI YANG DIBUTUHKAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI
Herminanto Sofyan, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi yang diajarkan di SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, (2) Kompetensi yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) Otomotif ATPM di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan (3) Tingkat relevansi kompetensi yang diajarkan di SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan Kompetensi yang dibutuhkan Dunia Usaha dan Dunia Industri Otomotif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Angket, (2) Wawancara (RPP), dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Kompetensi yang diajarkan pada SMK Kompetensi Keahlian TKRO di DIY terdiri dari 6 kelompok kompetensi dan terdapat 107 Kompetensi dasar , (2) Semua Kompetensi yang diajarkan dibutuhkan DU/DI Otomotif namun terdapat beberapa tambahan kompetensi yang dibutuhkan oleh DU/DI yang belum diajarkan, dan (3) Relevansi Kompetensi yang dijarkan di SMK Kompetensi Keahlian TKR di Yogyakarta dengan kebutuhan DU/DI kategori cukup relevan ada 2 (2%) kompetensi dasar, kemudian untuk kompetensi yang relevan ada 20 (19%) kompetensi dasar. Sisanya sebanyak 85 (79%) kompetensi dasar memiliki tingkat relevansi sangat relevan. Secara umum relevansi kompetensi yang diajarkan di SMK Kompetensi Keahlian TKR sangat relevan dengan yang dibutuhkan DU/DI otomotif di DIY. Kata kunci: Relevansi, kompetensi yang diajarkan, kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.