HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SAINS DAN PERSEPSI TERHADAP SISTEM KELISTRIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISTEM KELISTRIKAN

Kiswanto Kiswanto, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Sutiman Sutiman, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) hubungan prestasi belajar mata pelajaran sains dengan prestasi belajar sistem kelistrikan siswa kelas XII Otomotif di SMK PIRI Sleman, (2) hubungan persepsi terhadap sistem kelistrikan dengan prestasi belajar sistem kelistrikan siswa kelas XII Otomotif di SMK PIRI Sleman, (3) hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran sains dan persepsi terhadap sistem kelistrikan dengan prestasi belajar sistem kelistrikan siswa kelas XII Otomotif di SMK PIRI Sleman.Penelitian ini merupakan penelitian expost facto.Hasil penelitian (1) terdapat hubungan prestasi belajar mata pelajaran sains terhadap prestasi belajar sistem kelistrikan yang dibuktikan dengan rhitung 0,434 lebih besar dari rtabel 0,207, (2) Terdapat hubungan persepsi siswa terhadap sistem kelistrikan dengan prestasi belajar sistem kelistrikan yang dibuktikan dengan rhitung 0,314 lebih besar dari rtabel 0,207, (3) terdapat hubungan prestasi belajar mata pelajaran sains dan persepsi sistem kelistrikan terhadap prestasi belajar sistem kelistrikan siswa dibuktikan dengan Fhitung 10,40 lebih besar dari Ftabel 3,11.
Kata Kunci: prestasi belajar mata pelajaran sains, persepsi terhadap sistem kelistrikan, prestasi belajar sistem kelistrikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.