IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

Alex Setiyawan, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Tawardjono Us, Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TSM B pada mata pelajaran Teknologi dasar otomotif di SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah group investigation. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TSM B SMK Muhammadiyah Prambanan yang berjumlah 23 siswa. Sedangkan variabel yang diamati adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan rincian: (1) Model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan keaktifan siswa dari 0,27 (kategori rendah) menjadi 0,40 (kategori sedang) (2) Model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari 0,27 (kategori rendah) menjadi 0,48 (kategori sedang). Kata kunci : group investigation, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.