PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENERANGAN SUPRA X TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA

Argian Oktianto, Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Herminanto Sofyan, Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh media pembelajaran sistem penerangan Supra X terhadap motivasi belajar. (2) mengetahui pengaruh media pembelajaran sistem penerangan Supra X terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment. penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimen dan variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar penggunaan media pembelajaran sistem penerangan dan variabel hasil belajar. Penelitian dilakukan pada siswa SMK Muhammadiyah Pakem kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM). Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa program keahlian Teknik Sepeda Motor yang berjumlah 68 siswa dan terdiri dari 2 kelas yaitu TSM A dan TSM B di SMK Muhammadiyah Pakem. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive proportional random sampling dan mengambil 10 sampel pada tiap kelas. Pengumpulan data motivasi belajar siswa dilakukan dengan teknik kuesioner, sedangkan hasil belajar siswa dengan tes. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 0,05.Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh media pembelajaran sistem penerangan Supra X terhadap motivasi belajar, dapat dilihat hasil pengujian t yang didapat yaitu taraf signifikansi melebihi 0,05 (0,483 > 0,05); (2) ada pengaruh media pembelajaran sistem penerangan Supra X terhadap terhadap hasil belajar, Adapun hasil pengujian hasil belajar taraf signifikansi kurang dari 0,05 (0,01 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media terhadap hasil belajar siswa kelas XI program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah Pakem.Kata kunci : Media pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.