PENGARUH STATUS KELUARGA TERHADAP MINAT SISWA MASUK PERGURUAN TINGGI

Hangga Dwi Purnama, Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Sudiyanto Sudiyanto, Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui minat siswa kelas XI program keahlian teknik kendaan ringan di SMK Negeri 1 Magelang untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, dan (2) Mengetahui pengaruh keluarga terhadap minat siswa kelas XI program keahlian teknik kendaan ringan di SMK Negeri 1 Magelang untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Minat siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi masih tergolong kurang hal ini dapat dilihat dari hasil yang menunjukkan sebanyak 2 siswa (3,33%) sangat minat, 21 siswa (35%) minat, 29 siswa (48,33%) kurang minat dan 2 siswa (3,33%) tidak minat. (2) Terdapat pengaruh positif antara status keluarga dan minat siswa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan koefisien regresi sebesar 0,430 (43%) dengab nilai thitung sebesar 6,621 > ttabel sebesar 2,001 dengan taraf signifikan 0,00 yang lebh kecil dari 0,05. Kata kunci : status keluarga, minat melanjutkan pendidikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.