KONTRIBUSI KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Achmad Sobarudin, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Sukoco Sukoco, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi: (1) kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar, (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dan (3) kedisiplinan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan (1) uji prasyarat analisis (uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), (2) analisis regresi sederhana, dan (3) analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) kontribusi kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa signifikan dengan nilai kontribusi sebesar 50,3%, (2) kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa signifikan dengan nilai kontribusi sebesar 34,9%, dan (3) tidak ada kontribusi yang signifikan antara kedisiplinan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai kontribusi sebesar 12,43%. Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.