PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STAD DIKOMBINASIKAN DENGAN METODE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Danang Harjanto, Pendidikan Teknik Otomotif,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Noto Widodo, Pendidikan Teknik Otomotif,Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran STAD dikombinasi Take And Give pada siswa kelas XI TKR B mata pelajaran sistim starter jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 2 Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 di SMKN 2 Klaten. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR B sebanyak 32 siswa. Obyek penelitian ini adalah proses pembelajaran mata pelajaran sistim starter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa minimal 85% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75 dan keaktifan belajar siswa mencapai 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa meningkat dapat dilihat pada Siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 81,24% dengan nilai rata-rata kelas 73,5. Persentase keaktifan siswa terendah 43,75% dan tertinggi 62,5%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa sudah mencapai 93,75% dengan nilai rata-rata kelas 82,81. Persentase keaktifan siswa terendah 81,25% dan tertinggi 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dikombinasi Take And Give dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Kata kunci: STAD, Take And Give, Keaktifan, Hasil Belajar, Sistem Starter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.