PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Wardan Suyanto, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan (PKKR) program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 3 Yogyakarta melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR1 SMK Negeri 3 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pelaksanaan tindakan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif hasil belajar siswa. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu minimal 80% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 86,90 (sangat baik) dari sebelumnya hanya 74,75. Selain itu pencapaian KKM sebelum tindakan diketahui 45% siswa belum mencapai KKM sebesar 75,00. Setelah dilakukan tindakan, 100% siswa sudah mencapai KKM yang termasuk kategori “sangat baik”. Kata kunci: contextual teaching and learning, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.