IMPLEMENTASI MECHANIC SIMULATOR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN KENDARAAN ALAT BERAT
Herminanto Sofyan, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TAB SMKN 1Ngawen pada mata pelajaran pemelihaan dan perawatan kendaraan alat berat dengan mengimplementasikan media Mechanic Simulator.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar observasi untuk mengukur keaktifan siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Penelitian ini membandingkan jumlah siswa aktif dan hasil belajar siswa yang tuntas pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media Mechanic Simulator mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 70.1% dengan prestasi belajar mencapai 6.65. Siklus II meningkat menjadi 75.98% disertai dengan prestasi belajar sebesar 7.34. Siklus III meningkat menjadi 79.9% diikuti dengan peningkatan prestasi belajar mencapai 7.92
Kata Kunci:Mechanic Simulator Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pemeliharaan Dan Perawatan Kendaraaan Alat Berat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.