PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI DI TUK TKR LSP-P1 SMK SE-KOTA YOGYAKARTA

Muhammad Rezky Fathurrochim, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Mochamad Solikin, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sebaran hasil uji kompetensi di TUK TKR LSP SMK se-Kota Yogyakarta dilihat dari masing-masing unit kompetensinya, (2) kesulitan peserta uji kompetensi dalam pelaksanaan uji kompetensi di TUK TKR LSP SMK se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) sebaran hasil uji kompetensi, yaitu: unit kompetensi dengan persentase peserta yang dinyatakan kompeten terbanyak terdapat pada unit kompetensi OTO.KR01.001.01, OTO.KR01.010.01, OTO.KR01.016.01, OTO.KR01.017.01, OTO.KR02 .001.01 pada skema sertifikasi Engine Tune Up Konvensional di LSP-P1 SMK Negeri 2 Yogyakarta, OTO.KR01.009.01 pada skema yang sama dan OTO.KR01.018.01 pada skema Pemeliharaan/Service Chasis di LSP-P1 SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan persentase masing-masing 100% peserta. Unit kompetensi dengan persentase peserta yang dinyatakan belum kompeten terbanyak terdapat pada unit kompetensi OTO.KR05.011.01 pada skema Engine Tune Up Konvensional dan OTO.KR05.012.01 pada skema Tune Up Sistem Injeksi di LSP-P1 SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan persentase masing-masing 50% peserta. (2) kesulitan peserta uji kompetensi pada aspek pengetahuan terbanyak terdapat pada skema Pemeliharaan/Service Chasis di LSP-P1 SMK Negeri 3 Yogyakarta (90% peserta memiliki kesulitan), sedangkan pada aspek keterampilan terbanyak terdapat pada skema Tune Up Sistem Injeksi di LSP yang sama (55% peserta memiliki kesulitan). Kata kunci: Uji Kompetensi, Sebaran, Kesulitan, Pengetahuan, Keterampilan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.