KONTRIBUSI KESIAPAN BELAJAR DAN KELENGKAPAN SARANA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR

Nendi Gusnianto, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Martubi Martubi, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi Kesiapan Belajar dan Kelengkapan Sarana Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI Pada Mata pelajaran Sistem Starter dan pengisian di SMK Negeri 1 Binangun. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif, jumlah populasi berjumlah 169 siswa, dengan menggunakan teknik proportional random sampling dan dilihat pada tabel Isaac dan Michael diperoleh jumlah sampel sebanyak 114 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji Validitas menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dan uji realiabilittas menggunakan Cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat kontibusi yang positif yang positif dan signifikan. Kontribusi Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI sebesar R2x1y 0,103 dengan Sumbangan Efektif sebesar 9,20%,; Kontribusi Kelengkapan Sarana Belajar Terhadap Kelengkapan Sarana Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI sebesar R2x1y 0,064 dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 1,20% dan Kontibusi Kesiapan Belajar Siswa Dan Kelengkapan Sarana Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI sebesar R2y(1,2) 0,104 dengan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 10,40% Kata kunci: Kesiapan Belajar, Kelengkapan Sarana Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa Kelas XI

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.