MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

Miftah Al Hafidz, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Zainal Arifin, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Di SMK Pembaharuan Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam 3 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR A SMK Pembaharuan Purworejo dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran snowball throwing terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan tiap siklus, siklus I adalah 53,3%, siklus II 58%, dan siklus III 68,8%. (2) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR A pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan. Hal tersebut dapat dilihat pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 33,3%, sedangkan pada siklus II adalah 62,5%, dan pada siklus III adalah 83,3%.
Kata Kunci: snowball throwing, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.