PENGEMBANGAN DESAIN PERANGKAT AERODINAMIK MOBIL FG16 DITINJAU DARI HASIL SIMULASI NUMERIK ALIRAN UDARA EKSTERNAL
Muhkamad Wakid, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan rancangan perangkat aerodinamik mobil FG16 yang mempunyai nilai koefisien drag dan lift lebih rendah dari mobil F15, dan (2) menghasilkan data hasil simulasi numerik aliran udara eksternal mobil FG16. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur dalam pengembangan perangkat aerodinamik ini menggunakan model pengembangan PPE. Proses pengujian menggunakan simulasi Computational Fluid Dynamic dengan menu Flow Simulation pada software Solidworks 2016. Hasil penelitian ini (1) rancangan perangkat aerodinamik mobil FG16. Rancangan pengembangan perangkat aerodinamik meliputi bodi dan diffuser yang menghasilkan nilai koefisien drag 0,57; 0,54; 0,53 dan nilai koefisen lift -0,063; -0,099; -0,122. Nilai tersebut masing-masing lebih rendah dari mobil F15. (2) hasil simulasi yang berupa kontur tekanan statis di sekitar mobil FG16, kontur tekanan statis pada permukaan mobil, kontur dan vektor kecepatan aliran udara yang melewati mobil, kontur intensitas turbulensi yang terjadi di sekitar mobil serta kontur tekanan udara statis pada permukaan diffuser mobil FG16. Masing-masing data kontur dan vektor tersebut sudah mengalami peningkatan dari kondisi pada mobil F15. Kata Kunci : .Aerodinamik, Simulasi, Computational Fluid Dynamic
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.