ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X
Bambang Sulistyo, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya faktor yang menyebabkan kesulitan belajar yang ditinjau dari faktor siswa, faktor guru, faktor fasilitas, dan faktor materi pelajaran Teknologi Dasar Otomotif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor siswa menyebabkan kesulitan belajar sebesar 22,6% dengan indikator kondisi fisik 15,6%; tingkat kecerdasan 34,8%; sikap siswa 30,0%; dan indikator kondisi emosional siswa sebesar 19,6%. Faktor guru menyebabkan kesulitan belajar sebesar 22,3% dengan indikator metode mengajar 35,9%; sikap guru sebesar 30,1%; dan pemberian tugas sebesar 34,0%. Faktor fasilitas menyebabkan kesulitan belajar sebesar 23,4% dengan indikator ruang kelas 34,2%; indikator perlengkapan praktik sebesar 28,2%; dan indikator buku pelajaran sebesar 37,6%. Sedangkan faktor materi pelajaran Teknologi Dasar Otomotif menyebabkan kesulitan belajar sebesar 31,7% dengan indikator kapasitas materi pelajaran 20,4%; indikator materi Dasar-Dasar Mesin sebesar 24,9%; materi Dasar Pembentukan Logam sebesar 28,6%; dan indikator materi Proses Konversi Energi sebesar 26,1%. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Teknologi Dasar Otomotif, Teknik Sepeda Motor.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.