PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Awalia Aji Setiowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Sukardiyono Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet yang layak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi Suhu dan Kalor; (2) Mengetahui peningkatan minat belajar fisika peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet; (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar fisika peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet; (4) Mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran fisika model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet layak digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA pada materi suhu dan kalor; (2) Terdapat peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran fisika model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet; (3) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran fisika model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet; (4) Perangkat pembelajaran fisika model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Hasil Belajar, Learning Cycle 5E, Liveworksheet, Minat Belajar.

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Kreativitas guru menggunakan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 11(2), Article 2.

Alvioniyati, V. T., & Pujosusanto, A. (2022). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan liveworksheet pada mata pelajaran bahasa jerman siswa kelas x di sma negeri 1 taman. Laterne, 11(03), 106–117. https://doi.org/10.26740/lat.v11n03.p106-117

Andayani, E. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pelajaran Fisika di MAN 19 Jakarta. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56855/jrsme.v1i2.68

Andhayani, D. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X ATP 3 SMK Negeri 1 Gelumbang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v4i1.2903

Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan media pembelajaran liveworksheets dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada materi konsep mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i3.1361

Chintia, P., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Pengaruh model learning cycle 5e terhadap hasil belajar peserta didik tentang usaha dan energi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(4). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i4.25412

Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas e-lkpd berbantuan liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1), Article 1. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/14918

Hakam, A. B., Wati, M., Mahtari, S., & Arifuddin, M. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA Kelas XI.

Husna, Z., Ilyas, I., & Mariati, M. (2024). Korelasi minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fisika di sma negeri 1 sakti. Jurnal Biomafika, 2(2), Article 2.

Jaya, I. K. G. P., & Indrayani, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.28425

Juhji, J. (2015). Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Pembelajaran IPA. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6419

Latief, A., & Manalu, E. N. B. (2023). Analisis Minat Belajar Fisika Kelas XI MIPA SMA. Schrödinger: Journal of Physics Education, 3(4), 74–77. https://doi.org/10.37251/sjpe.v3i4.511

Nawahdani, A. M., Triani, E., Azzahra, M. Z., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Melisa, D. (2022). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap 105 Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.41986

Liana, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 92–101. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.127

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(10), Article 10. https://doi.org/10.52436/1.jpti.87

Putri, D. J., Angelina, S. A., Rahma, S. C., & Mujazi, M. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di kecamatan larangan tangerang. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 5(01), Article 01. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/226

Rachmadyanti, P., Gunansyah, G., Hariyati, D. P., Istianah, F., & Mulyani, M. (2023). Pelatihan Pembuatan LKPD Interaktif dengan Liveworksheets bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan Jawa Timur. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7495

Rahmawati, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Phet Simulation terhadap Minat Belajar dan Creative Thinking pada Materi Getaran Gelombang dalam Kehidupan Sehari-Hari. Universitas Negeri Yogyakarta.

Susanti, Y., Zohdi, A., & Meiliyadi, A. D. (2019). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap peningktan minat dan hasil belajar peserta didik di sma negeri 8 mataran tahun ajaran 2018/2019. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i2.1791

Wati, D. A., & Sugiarti. (2024). Penerapan Problem Based Learning Dengan LKPD Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30822/magneton.v2i1.3111




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.23861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.