PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Sukardiyono Sukardiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet yang layak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi Suhu dan Kalor; (2) Mengetahui peningkatan minat belajar fisika peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet; (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar fisika peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet; (4) Mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran fisika model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet layak digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA pada materi suhu dan kalor; (2) Terdapat peningkatan minat belajar peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran fisika model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet; (3) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran fisika model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet; (4) Perangkat pembelajaran fisika model Learning Cycle 5E berbantuan Liveworksheet efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. M. (2019). Kreativitas guru menggunakan model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 11(2), Article 2.
Alvioniyati, V. T., & Pujosusanto, A. (2022). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan liveworksheet pada mata pelajaran bahasa jerman siswa kelas x di sma negeri 1 taman. Laterne, 11(03), 106–117. https://doi.org/10.26740/lat.v11n03.p106-117
Andayani, E. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pelajaran Fisika di MAN 19 Jakarta. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56855/jrsme.v1i2.68
Andhayani, D. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X ATP 3 SMK Negeri 1 Gelumbang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v4i1.2903
Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan media pembelajaran liveworksheets dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada materi konsep mol. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.51878/secondary.v2i3.1361
Chintia, P., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Pengaruh model learning cycle 5e terhadap hasil belajar peserta didik tentang usaha dan energi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(4). https://doi.org/10.26418/jppk.v7i4.25412
Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas e-lkpd berbantuan liveworksheet untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1), Article 1. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/14918
Hakam, A. B., Wati, M., Mahtari, S., & Arifuddin, M. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA Kelas XI.
Husna, Z., Ilyas, I., & Mariati, M. (2024). Korelasi minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fisika di sma negeri 1 sakti. Jurnal Biomafika, 2(2), Article 2.
Jaya, I. K. G. P., & Indrayani, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.28425
Juhji, J. (2015). Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Pembelajaran IPA. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.32678/primary.v7i2.6419
Latief, A., & Manalu, E. N. B. (2023). Analisis Minat Belajar Fisika Kelas XI MIPA SMA. Schrödinger: Journal of Physics Education, 3(4), 74–77. https://doi.org/10.37251/sjpe.v3i4.511
Nawahdani, A. M., Triani, E., Azzahra, M. Z., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Melisa, D. (2022). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap 105 Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.41986
Liana, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 92–101. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.127
Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 1(10), Article 10. https://doi.org/10.52436/1.jpti.87
Putri, D. J., Angelina, S. A., Rahma, S. C., & Mujazi, M. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di kecamatan larangan tangerang. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 5(01), Article 01. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/226
Rachmadyanti, P., Gunansyah, G., Hariyati, D. P., Istianah, F., & Mulyani, M. (2023). Pelatihan Pembuatan LKPD Interaktif dengan Liveworksheets bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan Jawa Timur. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7495
Rahmawati, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Phet Simulation terhadap Minat Belajar dan Creative Thinking pada Materi Getaran Gelombang dalam Kehidupan Sehari-Hari. Universitas Negeri Yogyakarta.
Susanti, Y., Zohdi, A., & Meiliyadi, A. D. (2019). Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap peningktan minat dan hasil belajar peserta didik di sma negeri 8 mataran tahun ajaran 2018/2019. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i2.1791
Wati, D. A., & Sugiarti. (2024). Penerapan Problem Based Learning Dengan LKPD Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30822/magneton.v2i1.3111
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.23861
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
|  | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. | 
 





 
 



