PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN SCRATCH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PHYSICS IDENTITY SISWA SMA

Amanda Nur Isnaini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
Pujianto Pujianto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan media pembelajaran Scratch yang layak menurut penilaian ahli dan praktisi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan physics identity siswa SMA; 2) menghasilkan media pembelajaran Scratch yang praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan physics identity siswa SMA; dan 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran Scratch pada pembelajaran fisika materi gelombang bunyi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan physics identity siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI SMA yang berlokasi Klaten. Teknik pengumpulan data meliputi tes berupa pretest, posttest, dan angket, non tes, warwancara serta observasi. Kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran Scratch yang dikembangkan dianalisis dengan teknik simpangan baku ideal (SBI), sedangkan efektivitas media pembelajaran Scratch dianalisis dengan paired sample t-test, manova, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran Scratch model Problem Based Learning pada materi gelombang bunyi layak digunakan berdasarkan hasil penilaian ahli dan praktisi pendidikan, 2) media pembelajaran Scratch yang dikembangkan praktis digunakan berdasarkan respon siswa pada uji terbatas yang dilakukan; dan 3) media pembelajaran Scratch efektif digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi gelombang bunyi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan physics identity siswa SMA.


Keywords


media pembelajaran fisika; Scratch; Problem Based Learning; keterampilan berpikir kritis; physics identity

Full Text:

PDF

References


Amalissholeh, N., Sutrio, S., Rokhmat, J., & Gunada, I. W. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Kediri. Empiricism Journal, 4(2), 356-364.

Arfiansyah, L. P., Akhlis, I., & Susilo, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis Scratch pada pokok bahasan Alat Optik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 66-74.

Arpacı, I. (2015). A Study on the adoption of Scratch by pre-service information technology teachers.

Aziz, M. S., Zain, A. N. M., Samsudin, M. A. B., & Saleh, S. B. (2014). The effects of problem-based learning on self-directed learning skills among physics undergraduates. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 3(1), 126-137.

Daniati, N., Novianti, Y., & Mashuri, K. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VII di SMP PAB 7 Tandem Hilir. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5611-5617.

Hazari, Z., Cass, C., & Beattie, C. (2015). Obscuring power structures in the physics classroom: Linking teacher positioning, student engagement, and physics identity development. Journal of Research in Science Teaching, 52(6), 735-762.

Herawati, N. I., Kuswanto, H., Wahyuni, M., & Aristaria, A. (2024). Scratch-Assisted Computational Thinking in Physics: A Literature Review. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 9(1), 105-113.

Kusmaryono, I., Wijayanti, D., & Maharani, H. R. (2022). Number of Responsse Options, Reliability, Validity, and Potential Bias in the Use of the Likert Scale Education and Social Science Research: A Literature Review. International Journal of Educational Methodology, 8(4), 625-637.

Malik, A., & Susanti, S. (2021). Learning designing for establishment physics content and teacher pedagogic aspects through lesson study-based in-house training. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(2), 145-152.

Mapau, O. B., Helmi, H., & Haris, A. (2022). Analisis Penguasaan Konsep Gelombang Siswa Man 2 Kota Makassar Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 18(3), 277.

Marasri, S. (2019). Developing critical thinking skills in the 21st century. Journal of MCU Nan Review, 3(2), 105-122.

Ma'rifah, A., Maftukhin, A., Al Hakim, Y., & Akhdinirwanto, R. W. (2023). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis multimedia interaktif menggunakan Scratch untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 6(3), 185-194.

Maulida, S. I., Prihandono, T., & Maryani, M. (2019). Pengembangan Modul Fisika Gelombang bunyi Berbasis React untuk Kelas XI IPA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 174-180.

Minarti, I. B., Nurwahyuni, A., & Bashoriyah, R. (2023). Meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis melalui model Problem Based Learning (PBL). Entitas: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 388-393.

Munfaridah, N., Avraamidou, L., & Goedhart, M. (2022). Preservice physics teachers’ development of physics identities: The role of multiple representations. Research in Science Education, 52(6), 1699-1715.

Ningsih, E. P. (2024). Implementasi Teknologi Digital dalam Pendidikan: Manfaat dan Hambatan. Journal EduTech, 1(1), 1-8.

Oktareza, D., Noor, A., Saputra, E., & Yulianingrum, A. V. (2024). Transformasi Digital 4.0: Inovasi yang Menggerakkan Perubahan Global. Cendekia: Jurnal Hukum, Sosial dan Humaniora, 2(3), 661-672.

Pratama, I. A., Subiki, S., & Harijanto, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Fisika Sma Berbasis Adobe Animate Cc Pada Materi Hukum Gravitasi Newton. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 11(1), 17-27.

Putri, A. N. L., Sutarto, S., & Wahyuni, D. (2024). Meta Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 43-48.

Putri, S. D., & Djamas, D. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis keterampilan berpikir kritis dalam problem-based learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 125.

Restudila, E., Marsel, F. O., Putri, M. S. A., & Fitri, R. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 3, No. 2, pp. 1420-1433).

Rico, A., Ruiz-Gonzalez, A., Azula, O., & Guisasola, J. (2021). Learning difficulties about the sound model: A review of the literature. ENSENANZA DE LAS CIENCIAS, 39(2), 5-23.

ROHMAD, D. (2021). Pengembangan Instrumen Angket. DR ROHMAD.

Sari, D. N. I., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(3), 3699–3712. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2691

Thiagarajan. (1974a). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. National Center for Improvement of Educational Systems.

Wahyuni, P. D., & Perdana, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika 3D Application Scratch Topik Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya, 4(2), 32-38.

Zuananta, A., Suyidno, S., & Qamariah, Q. (2024, July). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai sarana untuk menambah pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran fisika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.23508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.