PENGEMBANGAN BUTIR SOAL & SOAL HOTS UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA

amartya salimi rahma, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia, Indonesia
Jamaluddin Jamaluddin, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia, Indonesia

Abstract


Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengembangan butir soal HOTS dalam mata pelajaran Fisika membutuhkan pendekatan yang sistematis, mulai dari penyusunan kisi-kisi, pembuatan soal, hingga pedoman penskoran. Soal HOTS terbukti mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, namun implementasinya masih menghadapi tantangan yang perlu diatasi dengan strategi yang tepat.  

Keywords


Butir soal;Soal Hots;fisika

Full Text:

PDF

References


Mardapi, D. (2012). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Nurgiyantoro, B., Gunawan, G., & Marzuki, M. (2017). Statistik terapan untuk penelitian ilmu sosial. Yogyakarta: UGM Press.

Rahmawati, I., & Prasetyo, D. (2021). Pengaruh latihan soal HOTS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang, 10(1), 85-98.

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Retnawati, H. (2017). Strategi menyusun tes untuk mengukur HOTS. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sari, A., & Nugroho, P. (2020). Penerapan soal HOTS dalam Ujian Nasional: Studi kasus di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 8(4), 200-215.

Suharsimi, A. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, W., & Kistoro, H. C. (2020). Pengembangan soal berbasis HOTS dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 150-162.

Zainul, A., & Nasution, M. (2001). Asesmen dalam pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.23419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Our journal is indexed by:

 

Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215

Creative Commons LicenseJurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.