PENGEMBANGAN BUTIR SOAL & SOAL HOTS UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Jamaluddin Jamaluddin, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mardapi, D. (2012). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Nurgiyantoro, B., Gunawan, G., & Marzuki, M. (2017). Statistik terapan untuk penelitian ilmu sosial. Yogyakarta: UGM Press.
Rahmawati, I., & Prasetyo, D. (2021). Pengaruh latihan soal HOTS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Universitas Negeri Semarang, 10(1), 85-98.
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Retnawati, H. (2017). Strategi menyusun tes untuk mengukur HOTS. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sari, A., & Nugroho, P. (2020). Penerapan soal HOTS dalam Ujian Nasional: Studi kasus di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 8(4), 200-215.
Suharsimi, A. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, W., & Kistoro, H. C. (2020). Pengembangan soal berbasis HOTS dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 150-162.
Zainul, A., & Nasution, M. (2001). Asesmen dalam pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpf.v12i2.23419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal is indexed by:
Online ISSN (e-ISSN): 3025-9215
|  | Jurnal Pendidikan Fisika by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. | 
 





 
 



