KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK KOPERASI YOGYAKARTA
Sudiati Sudiati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Koperasi Yogyakarta pada kelas yang melakukan pembelajaran menggunakan media komik digital dan siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan media konvensional; (2) mengetahui keefektifan penggunaan media komik digital dalam pembelajaran menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian adalah Pretest Posttest Control Design Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. Penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes menulis teks anekdot (pretest-posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan N-Gain dengan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan menulis teks anekdot antara siswa yang melakukan pembelajaran menggunakan media komik digital dan siswa yang melakukan pembelajaran tanpa menggunakan media komik digital. Hal ini diketahui dari perolehan hasil nilai thitung sebesar -2,374, nilai df = 47 dan nilai p sebesar 0,022. (2) media komik digital lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks anekdot. Keefektifan media komik digital dapat dibuktikan dari hasil uji-t diperoleh hasil nilai df = 23 dan nilai p sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (5%). Dari hasil perhitungan gain score pretest-posttest kedua kelompok didapatkan hasil sebesar 24,95 pada kelompok eksperimen dan 8,27 pada kelompok kontrol. Hal tersebut membuktikan bahwa selisih rata- rata pretest-posttest kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Kata kunci : menulis, media komik digital, teks anekdot
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.