Implementasi Model Pembelajaran Accelarated Learning Type Master Berbantuan Media Game Edukatif Teka-Teki Silang (Tts) Untuk Meningkatkan Self-Directed Learning Siswa Kelas Xi Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Di Smk Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2022/2023

Mely Qurrotul Aeni, Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Implementasi Model Pembelajaran Accelarated Learning Type Master Berbantuan Media Game Edukatif Teka-Teki Silang (Tts) Untuk Meningkatkan Self-Directed Learning Siswa Kelas Xi Akuntansi dan Keuangan Lembaga Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Di Smk Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Self-directed Learning siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran Accelarated learning type MASTER Berbantuan Media Game Edukatif Teka-Teki Silang (TTS) kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket) dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner (anget) dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Accelarated learning type MASTER Berbantuan Media Game Edukatif Teka-Teki Silang (TTS) dapat meningkatkan Self-directed Learning siswa Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukan dengan skor rata-rata Self-directed Learning siswa meningkat sebesar 10,07%, yakni pada siklus I sebesar 70,68% menjadi 80,75% pada siklus II. Selain itu berdasarkan hasil angket presentase Self-directed Learning siswa secara individu, siswa yang telah mencapai skor Self-directed Learning ≥ 75% pada siklus II sebanyak 36 siswa (100%). Seluruh indikator Self-directed Learning siswa pada siklus II telah mencapai kriteria minimal yang telah ditetapkan yaitu 75%, Berdasarkan peningkatan rata-rata dan penigkatan pada seluruh indikator self-directed leraning dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Accelarated learning type MASTER Berbantuan Media Game Edukatif Teka-Teki Silang (TTS) dapat meningkatkan Self-directed learning siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2022/2023.

 Kata Kunci: Self-Directed Learning, Accelarated learning type MASTER, Teka Teki Silang (TTS), Penelitian Tindakan Kelas


Full Text:

PDF

References


Boil, Syahril, S. S., & Wakhinudin, W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Accelarated Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotof. Mimbar Ilmu.

Cahyani, P. D., & Sutami, S. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Accelarated Learning Dengan Type MASTER Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis (PTK Pada Kelas VIII A SMPN 2 Gatak Sukaharjo Tahun Ajaran 2018/2019. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyag Surakarta.

Maurisa, K. Z., & Rahayu, W. P. (2021). Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Berbantuan Ispring Suite 9. Jurnal ekonomi Bisnis dan Pendidikan (JEBP).

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.

Ru'iya, S. (2018). Urgensi Self-directed learning Mhasiswa Aktivis di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta). Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam.

Saputri, et al. (2022). Media E-learning Untuk Meningkatkan Kemadnirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Luring. Seminar Nasional Bahasa Sastra dan Pendidikan Dasar 2 (SENSADA) 2.

Sari, E. (2017). Implementasi Metode Accelarated Learning Dengan Media Edmodo Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Serta Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMK. Doctoral Dissertation.

Tifani, R. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis dan Self-directed Learning siswa SMK Melalui Model Pembelajaran Accelarated Learning. Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS.

Wijayanti, A., Fajriyah, K., & Suyitno, S. (2021). Analisis Saince Self-directed Learning (SSDL) Mahasiswa Calon Guru SD Pada Pembelajaran IPA Berbasis Hybride. Pancasakti Secience Educational Journal (PSEJ).

Wulan, N. P., Suwantara, W., & Jampel, I. N. (2019). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Edutec


Refbacks

  • There are currently no refbacks.