Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak: Pengaruh Motivasi Belajar dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja siswa, (2) pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja siswa, dan (3) pengaruh Motivasi Belajar dan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XII AKL SMK Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto yang dilaksanakan di SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan sampel berjumlah 84 siswa kelas XII AKL. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk pengujian hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda dua prediktor untuk pengujian hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XII AKL SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan koefisien korelasi = 0,636 dan thitung = 7,471 yang lebih besar dari ttabel = 1,989. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XII AKL SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan koefisien korelasi = 0,634 dan thitung = 7,428 yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,989. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Pengalaman Praktik Kerja Industri secara bersama-sama terhadap Kesiapan Kerja siswa kelas XII AKL SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan koefisien korelasi = 0,733 dan Fhitung = 47,143 yang lebih besar dari Ftabel = 3,11.
Kata kunci: Kesiapan Kerja, Motivasi Belajar, Pengalaman, Praktik Kerja Industri
Full Text:
PDFReferences
Aziz, R., Basuki & Agus Suyetno. (2020). “Pengaruh Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Hasil Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Pemesinan SMK Pemuda 3 Kesamben, Blitar”. Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran. Vol. 3 No. 1, hal. 43-52.
Bagea, A. (2019). “Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Motivasi terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Telkom Kendari”. SELAMI IPS. No. 2, Vol. 12. hal. 633-646.
Cabrera, W.C. (2020). “Development and Validation of Work Readiness Assessment Scale for Home Economics Graduates”. IJEDR: International Journal of Economics Development Research. Vol. 1, No. 2, hal. 70-109.
Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Diksi. (2021). “Pedoman Praktik Kerja Lapangan Peserta Didik SMK/MAK di Dalam Negeri”. Jakarta: Kemdikbudristek. Diakses melalui: http://smk.kemdikbud.go.id/konten/5085/ pedoman-praktik-kerja-lapangan-peserta-didik-smkmak-di-dalam-negeri diakses pada 11 Oktober 2022.
Fathoni, A. & Supari M. (2019). “Strategi Peningkatan Kompetensi Lulusan SMK Program 4 Tahun Melalui Optimalisasi PKL”. JVTO (Jurnal Vokasi dan Teknik Otomotif. Vol. 1, No. 2, Hal 1-8.
Firdaus, R.F., Inu H.K., & Sulaeman. (2018). “Kontribusi Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Peserta Didik dalam Berwirausaha.” Journal of Mechanical Engineering Education. Vol. 5, No. 1, hal. 99-105.
Ibrahim, A. dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu.
Karyaningsih, P.D. dkk. (2021). “The Effect of Industrial Work Practice and Work Motivation on Work Readiness in Class XII SMK Negeri 1 Kalianda”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran dan Akuntansi. Hal. 1- 11. DOI: doi.org/10.21009/JPEPA.007.2.3
Khadifa, A., Mintasih I. & Sudarno. (2018). “Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banyudono 2017/2018”. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. Vol. 4 No. 1 Hal. 1-14.
Muspawi, M. & Ayu L. (2020). “Membangun Kesiapan Kerja Calon Temaga Kerja”. Jurnal Literasiologi. Vol. 4 No.1, hal. 111-117.
Ndraha, I.K. (2016) “Pengaruh Praktek Kerja Industri dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja di SMK Swasta Immanuel Kabanjahe T.P 2015/2016”. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Octavia, P.A., (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja Yogyakarta: Deepublish Publisher
Riyanti, S. & Suparlan K. (2021). “Motivasi dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa: Studi pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor”. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 4, No. 1, hal. 43-57.
Sardiman, A.M.. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Siburian, B. dkk. (2022). “The Effect of Soft Skill and Hard Skill on Work Readiness of The 2018 STIE Jayakarta Students”. International Journal of Informatics, Economics, Management and Science (IJIEMS). Vol 1 No. 2, hal 136-151.
Sugiyono. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, CV.
Surachim, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Alfabeta.
Syarip, S.M., dkk. (2018). “Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa Teknik Perbaikan Bodi Otomotif”. Journal of Mechanichal Engineering Education, Vol. 5 No. 2 hal 250-25.
Ullah, N. (2022). “Pengaruh Praktek Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Enrekang”. Sawerigading Journal of Public Administration Vol 1 No. 1 hal. 1-10.
Uno, H.B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Yusadinata, A.S., dkk. (2021). “Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin), Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3, No. 4, hal. 4108-4117.
Yusri, M. dan Raya S. (2020). “Pengaruh Teaching Factory Six Steps pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII di SMKN 1 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol. 8 No. 3, hal. 965-971
Refbacks
- There are currently no refbacks.