Pengaruh Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah Bobotsari
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Departemen Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak: Pengaruh Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Bobotsari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL Muhammadiyah Bobotsari tahun ajaran 2022/2023; (2) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah Bobotsari tahun ajaran 2022/2023; (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah Bobotsari tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah Bobotsari tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen yang dilakukan untuk menguji validitas menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi ganda untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah Bobotsari Tahun Ajaran 2022/2023 dengan rx1y sebesar 0,622, r2x1y sebesar 0,387 dan thitung 6,556 lebih besar dari ttabel sebesar 1,995. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah Bobotsari Tahun Ajaran 2022/2023 dengan rx2y sebesar 0,885, r2x2y sebesar 0,783, dan thitung 15,671 lebih besar dari ttabel 1,995. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK Muhammadiyah Bobotsari Tahun Ajaran 2022/2023 dengan Ry(1,2) sebesar 0,889, R2y(1,2) sebesar 0,789, dan Fhitung > Ftabel sebesar 125,608 > 3,13.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi Dasar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.
Budiana, S., Karmila, N., & Devi, R. (2020). “Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika”. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan.Vol 12, No 2, Hal 70-73. Diambil dari https://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagogia/article/download/2937/2127 pada tanggal 8 maret 2023.
Cahyani, M. T. (2020). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. & Zain, A. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Emda, A. (2017). “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran”. Lantanida Journal. Vol 5, No 2. Diambil dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/ pada tanggal 8 Februari 2023.
Gayatri, L. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Yanindo Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Diambil dari http://repository.fe.unj.ac.id/1334/ pada tanggal 6 Februari 2023.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Heriyati. (2017). “Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Jurnal Formatif. Vol 7 (1), 22-32. Diambil dari https://journal.lppmunindra.ac.id pada tanggal 15 Desember 2022.
Jaya, I. (2019). Statistik Penelitian untuk Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Panduan Penilaian Hasil Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khoirunnisa, S. (2023). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Diponegoro Majenang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Mardapi. (2017). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 464/D.D5/KR/2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).
Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nomor 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).
Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian pendidikan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Purwanto, N. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2016). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A.M. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sarjono, H. & Julianita, W. (2011). SPSS VS LISREL: Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Sudjana, N. (2019). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: SBAlgesindo.
Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
. (2022). Metodologi Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sunnah, Buwono, S., & Uliyanti, E. (2013). “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Metode Diskusi”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 2, No 1. Diambil dari https://jurnal.untan.ac.id pada 15 Desember 2022.
Sunyoto, D. (2016). Metode Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Sutarto. (2017). “Teori kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran”. Jurnal Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol 1, No. 02. Diambil dari http://journal.iaincurup.ac.id pada 12 Juni 2023.
Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uno, H. B. (2022). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.