Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Tari Trayutama Sebagai Tari Identitas Sma Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati

Septiana Christie, Dr. Rumi Wiharsih

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyajian dan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Tari Trayutama yang merupakan tari identitas SMA N 1 Tayu di Kabupaten Pati.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek yang diteliti adalah Tari Trayutama. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Analisis data dilakuakn dengan cara reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi teknik yaitu triangulasi dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang didapat berupa deskripsi nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam Tari Trayutama. Ada 8 nilai-nilai pendidikan karakter yaitu (1) nilai keutamaan yang terdapat dalam lirik / cakepan iringan Tari Trayutama, (2) nilai keindahan yang terdapat dalam gerak yang mengalun serta rias dan busananya (3) nilai kerja yang terdapat dalam ragam gerak oyak-oyakan dan persiapan pentas yang dilakukan, (4) nilai cinta tanah air yang terdapat dalam busananya dan Tari Trayutama sebagai karya seni budaya yang diteruskan dari generasi ke generasi, (5) nilai demokrasi terdapat dalam Tari Trayutama sebagai tari kelompok, (6) nilai kesatuan terdapat dalam ragam gerak nunggal dhadhap dan pola lantai melingkar (7) nilai moral terdapat di dalam filosofi Tari Trayutama, ragam gerak ragam nikel warti ukel karno, serta busana Tari Trayutama yang dikenakan, (8) nilai kemanusiaan terdapat dalam Tari Trayutama sebagai tari kelompok.
Kata kunci : nilai-nilai pendidikan, pendidikan karakter, Tari Trayutama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.