Peningkatan Kete Rampilan Menari Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Banguntapan Kabupaten Bantul

Ani Pujiasih, Trie Wahyuni, M. Pd

Abstract


Abstrak
Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tuiuan untuk
meningkatkan keterampilan menari siswa kelas X di SMA Negeri i Banguntapan
Kabupaten Bantul dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share (TPS).
Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan secara kolaboratif dan
partisipatif. Dilakukan dalam 2 Siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X
MIPA 4 SMA Negeri 1 Banguntapan Kabupaten Bantul yang berjumlah 34 orang,
yang terdiri atas l1 siswa putra dan 23 siswa putri. Waktu pelaksanaan penelitian
pada bulan Oktober 2016-Januari 1017. Setiap Siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: l)
perencaniliul, 2) implementasi tindakan, 3) observasi. 4) refleksi. Pengumpulan
data dilakukan dengan cara obsenasi/pengamatan, wawancara, catatan harian dan
tes praktek tari. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu
mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari dari hasil penerapan tindakan yang
dilakukan. Penerapan pendekatan TPS meliputi beberapa tahap, yaitu: persiapan,
penyampaian materi, pembelajaran tari, dan penampilan hasil pembelajaran.
Hasil pelaksanaan penelitian ini sebagai berikut: 1) Keterampilan menari
sisw'a yang dilihat dari aspek wiraga (penguasaan keterampilan gerak), wirama
(ketukan/irama dinamika), dan wirasa (ekspresi) meningkat darj Siklus I ke Siklus
II, ditandai dengan adanya peningkatan skor rata-rata yang diperoleh dari tes
praktek pada akhir Siklus, yaitu: aspek wiraga sebesar 0,47; aspek wirama
sebesar 0.79; dan aspek wirasa sebesar A,2:2) Setelah pengamatan yang dilakukan
sebelum pelaksanaan tindakan hingga pelaksanan tindakan telah dilakukan,
kemandirian belajar peserta didik meningkat, yang dapat dilihat dari berkurangnya
kebergantungan siswa terhadap gul1l dan mau belajar. Berdiskusi, berbagi
bersama teman, baik di dalam maupun di luar kelas. Peneliti juga mengadakan
wawancara terhadap guru dan beberhpa siswa, tentang penggunaan metode Think
Pair Share dalam pembelajaran tari. Dari hasil penelitian ini metode Think Pair
Share ini dapat meningkatkan keterampilan menari siswa. Khususnya di SMA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.