Nilai-Nilai Religius Yang Terkandung Dalam Tradisi Tari Seblang Di Desa Bakungan Banyuwangi Jawa Timur

Nuning Dwi Wahyuni, Dr. Muh Mukti S.Kar., M.Sn

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai religius Tradisi Tari Seblang Desa Bakungan Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur. Tradisi Tari Seblang termasuk salah satu tradisi ritual yang digunakan sebagai media ucapan syukur kepada Sang Pencipta, yang di sajikan dengan penyajian-penyajian tertentu.
Penelitian mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah kase adat Dinas Pariwisata dan kebudayaan Banyuwangi, PLT ( pelaksana tugas ) lurah Desa Bakungan, ketua adat tradisi tari Seblang, penari tari Seblang, Pawang tradisi tari Seblang, pemain musik atau iringan, dan tokoh agama. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang telah dikumpulkan, kemudian dilakukan analisis data dengan tahapan; reduksi data, penampilan data serta penarikan kesimpulan. Guna memperoleh data yang valid, dilakukan uji keabsahan data menggunkan metode triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Nilai-nilai religius yang terkandung dalam tradisi tari Seblang yaitu, (1) hubungan manusia dengan Tuhan, seperti doa dalam kirab ke sumber air penawar, doa dalam ider bumi, dan sebagainya. Selain itu juga melakukan shalat hajat sebelum ider bumi atau sebelum acara puncak menari Seblang dimulai dan sebagainya, (2) hubungan manusia dengan manusia, seperti silaturahmi, gotong royong, mentaati aturan-aturan saat persiapan awal hingga ahir acara dalam berbagai hal, dan interaksi seluruh team pendukung, serta (3) hubungan manusia dengan alam, seperti pada saat kirab ke sumber air penawar, kirab ider bumi yang membawa hasil panen, dan pada saat penari menarik penonton sebagai pembajak sawah.
Kata kunci : Nilai, Religius, tradisi tari Seblang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.