Peningkatan Kelenturan Tubuh Melalui Pemanasan Permainan Bola Basket Dalam Pembelajaran Seni Tari Di Kelas Vii.A Smp Negeri 1 Pakem

Frince Br. Situmorang, Dr. Sumaryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode permainan bola basket terhadap peningkatan kelenturan tubuh siswa di kelas VII.A SMP Negeri 1 Pakem. Hasil belajar siswa terutama dalam praktek tari perlu ditingkatkan melalui metode yang menarik dan bervariasi untuk siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart, meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VII.A yang berjumlah 32 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi/pengamatan dan tes.
Hasil dari analisis data diketahui ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan tindakan dengan menggunakan metode permainan bola basket. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian rata-rata sebelum tindakan adalah 56,72581, sedangkan hasil penelitian rata-rata setelah diberikan tindakan adalah 87,30469. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kelenturan tubuh siswa melalui pemanasan permainan bola basket dalam pembelajaran seni tari di kelas VII.A SMP Negeri 1 Pakem.
Kata Kunci: Kelenturan tubuh, permainan bola basket.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.