Faktor-fator yang berpengaruh terhadap pembelajaran seni budaya di SMK Negeri 1 Sedayu

Puji Antoro, Dr. Sumaryadi, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor berpengaruh terhadap pembelajaran seni budaya di SMK Negeri 1 Sedayu. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran Seni Budaya Tari dan Musik. Subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah bagisan kesiswaan, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian sarana dan prasarana, guru mata pelajaran Seni Budaya dan siswa kelas X TKR SMK Negeri 1 Sedayu. Data diperoleh dengan teknik observasi peran serta, wawancara tidak terstruktur dan angket, serta studi dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggambarkan keadaan objek di lapangan.Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor yang berpengaruh dalam pembelajaran seni tari di SMK Negeri 1 Sedayu yang dikelompokkan menjadi 2 yaitu faktor intern dan faktor ekstern. a) Faktor internal yaitu kondisi fisik dan psikis siswa mengikuti pembelajaran seni budaya. b) Faktor eksternal yaitu kondisi keluarga, sekolah, dan masyarakat. Adapun kondisi yang mempengaruhi kesulitan belajar Seni Budaya dalam faktor internal: aspek Psikis sebesar 59% (49 siswa) mempunyai nilai dibawah ≤Mt(33), meliputi intelegensi, perhatian, bakat, dan motivasi. Dalam faktor eksternal aspek sosial: aspek kondisi masyarakat sebesar 55%(46 siswa) mempunyai nilai ≤Mt(2,5), sedangkan faktor Ekternal nonsosial : aspek gedung sebesar 81%(69 siswa) mempunyai nilai ≤Mt(10). Kurangnya fasiltas pendingin ruangan dan letak tempat parkir kendaraan yang berada di depan kelas menjadikan pembelajaran Seni Budaya kurang kondusif. Hal ini cenderung menimbulkan kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya karena jumlah siswa yang mempunyai nilai dibawah Mt lebih dari 50%.
Kata Kunci: faktor, pengaruh, pembelajaran, seni budaya, tari, musik, SMK


Refbacks

  • There are currently no refbacks.