Upaya peningkatan kualitas gerak tari siswa SMP Negeri 2 Berbah melalui kepekaan iringan tari bedoyo

Rosarina Wisaptriseli, Drs. Marwanto M. Hum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan kualitas gerak tari pada siswa SMP Negeri 2 Berbah melalui kepekaan iringan tari bedana.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Berbah sebanyak 32 siswa . Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini telah di validasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas gerak tari siswa SMP Negeri 2 Berbah melalui kepekaan terhadap iringan tari bedana. Hasil evaluasi siklus I menyatakan bahwa belum ada peningkatan yang cukup baik karena masih ada 8 siswa (25%) yang belum memiliki kualitas gerak yang baik dan masih ada 19 siswa (59%) belum peka terhadap iringan tari bedana. Hasil evaluasi siklus II seluruh siswa sebanyak 32 siswa (100%) telah berhasil mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Kesimpulannya, upaya meningkatkan kualitas gerak tari siswa SMP Negeri 2 Berbah melalui kepekaan terhadap iringan tari bedana berhasil. Hal tersebut bisa terlihat dari peningkatan yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II.
Kata kunci:
penelitian tindakan kelas, kualitas gerak tari , kepekaan iringan tari bedana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.