UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Lulu Zakiyah Lulu

Abstract


UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN
SENI TARI DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA
Oleh:
1. Lulu Zakiyah, 12209241020, luluzakiyah30@gmail.com
2. Dr. Rumi Wiharsih, M.Pd
3. Dra. Trie Wahyuni, M.Pd
Abstrak
Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) Pada Pembelajaran Seni Tari Di SMP Negeri 8
Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan percaya diri siswa
melalui penerapan model pembelajaran NHT pada pembelajaran seni tari. Prosedur
penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan,pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi,angket, dan tes hasil
belajar seni tari.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif
kuantitatif sederhana. Validitas data yang digunakan adalah proses,hasil, dan demokratik.
Hasil penelitian adalah 1) upaya meningkatkan percara diri siswa melalui penerapan model
pembelajaran NHT pada pembelajaran seni tari yaitu dengan menerapkan tahapan
pelaksanaan model pembelajaran NHT 2) besarnya peningkatan percaya diri siswa yang
mencapai kategori tinggi pada Siklus I berdasarkan hasil perhitungan lembar observasi
percaya diri sebesar 23,33% dan Siklus II sebesar 78,12%, sedangkan berdasarkan angket
percaya diri siswa pada pratindakan 31,25% meningkat pada Siklus I sebesar 71,87% dan
Siklus II sebesar 87,5%.
Kata kunci: Numbered Head together (NHT), Percaya Diri


Refbacks

  • There are currently no refbacks.