PENGEMBANGAN MODEL KOREOGRAFI ANAK UNTUK PEMBELAJARAN TARI DI SEKOLAH DASAR

Hafida Kholifatu Janah

Abstract


PENGEMBANGAN MODEL KOREOGRAFI ANAK UNTUK PEMBELAJARAN TARI DI SEKOLAH
DASAR
Oleh:
1. Hafida Kholifatul Janah, 12209241002, dhavidot@gmail.com
2. Drs. Kusnadi, M.Pd
3. Dra. Ni Nyoman Seriati, M.Hum
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model koreografi anak untuk
pembelajaran tari di Sekolah Dasar dan mendeskripsikan proses pengembangannya. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur
pengembangan produk menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari: 1)
penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan,
3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba awal, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan 7)
revisi produk, dan 8) produk akhir. Setting penelitian adalah SD Negeri Cebongan, Sumberadi,
Mlati, Sleman. Subjek penelitian ini adalah Supriyadi Hasto Nugroho, M.Sn sebagai ahli
koreografi, Feri Catur, S.Pd sebagai implementator/guru dan siswa Sekolah Dasar kelas 4-6 SD
Negeri Cebongan. Teknik Pengumpulan data yang dipergunakan adalah a) observasi, dan b)
angket. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif. Kriteria kelayakan
produk pada penelitian ini adalah produk dikatakan layak apabila skor hasil validasi dan
keterterapan produk 71. Penelitian menghasilkan produk model koreografi anak dengan
judul tari Kuntul Manis yang diperuntukkan bagi anak usia 10-12 tahun atau kelas 4-6 Sekolah
Dasar. Produk tari tersebut disesuaikan dengan Kurikulum 2013 dengan mengeksplorasi dari
lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik. Produk tersebut telah divalidasi oleh ahli
koreografi dengan menghasilkan skor 84, implementator/guru dengan skor 84, artinya produk
masuk dalam kategori layak. Tingkat keterterapan model pada objek sasaran adalah 93,1
artinya, produk tari Kuntul Manis dapat diterima dan ditarikan oleh anak usia Sekolah Dasar.
Kata kunci: model, koreografi anak, pembelajaran tari


Refbacks

  • There are currently no refbacks.