BENTUK PENYAJIAN DAN NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN YANG TERKANDUNG DALAM TARI GANDRUNG DI KABUPATEN BANYUWANGI

Sulistyo Rini, sutiyono Sutiyono, Enis Niken Herawati

Abstract


Bentuk Penyajian dan Nilai-nilai Kepahlawanan yang Terkandung dalam Tari Gandrung di Kabupaten  Banyuwangi  Jawa  Timur.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  bentuk penyajian dan nilai-nilai kepahlawanan yang terkandung dalam Tari Gandrung di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah Tari Gandrung. Data primer berasal dari wawancara secara mendalam kepada seniman dan masyarakat pendukung Tari

Gandrung.  Data  sekunder  diperoleh  dari  sumber-sumber  pustaka  dan  buku-buku  tentang  Tari

Gandrung. Metode pengumpulan data dilakukan melaui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data-data dianalisis melalui tahap-tahap: reduksi data, penampilan data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk penyajian tari Gandrung meliputi gerak tari, tata rias, tata busana dan iringan tari. (2) nilai-nilai kepahlawanan Tari Gandrung terdapat enam nilai, yaitu: keteladanan, rela berkorban, cinta tanah air, kerja keras, nasionalisme dan patriotisme.

 

Kata kunci: Bentuk Penyajian, Nilai Kepahlawanan, Tari Gandrung Banyuwangi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.