Proses Kreatif Penciptaan Tari “Bedhaya Sri Tanjung” Di Blitar Jawa Timur Karya Novyta Mijil Purwana Is

Ifana Nilam Arimbi, Dr. Kuswarsantyo

Abstract


ABSTRAK
Penelitian terhadap proses kreatif terciptanya tari bedhaya Sri Tanjung ini bertujuan untuk mengetahui proses kreatif penciptaan tari bedhaya Sri Tanjung Di Blitar Jawa Timur serta memahami deskripsi tari bedhaya Sri Tanjung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti sebagai instrumen penelitian dan dalam pelaksanaan penelitian di lapangan mengamati fenomena subjek penelitian seperti perilaku, motivasi, dan tindakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen – komponen di dalam proses penciptaan tari bedhaya Sri Tanjung di Blitar Jawa Timur karya Novyta Mijil Purwana Is.
Hasil dari penelitian ini meliputi : Penciptaan tari bedhaya Sri Tanjung yang berawal dari festival bedhaya Jawa Timur pada tahun 2012, penciptaan tari yang terfokus pada gerak yang distilir dan ditafsirkan koreografer dari sumber relief Candi Penataran yang merupakan ikon daerah dengan penyesuaian kearifan lokal di Blitar, cerita kesetiaan Sri Tanjung sebagai lambang kebaikan menjadi hal ang sangat menarik untuk digarap dalam bentuk tarian. Orientasi gerak mengacu pada gerak jawatimuran dengan sub etnis mentaraman dan malangan, kemudian batik Kawung sebagai ciri khas busana tari bedhaya Sri Tanjung dan konsep gerak secara umum mengambil dari konsep “Surya Majapahit”.
kata kunci : proses kreatif, Sri Tanjung Candi Penataran, Surya Majapahit


Full Text:

PDF

References


Hadi, Sumandiyo. 1983. Pengantar Kreativitas Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia.

______________. 2003. Aspek-aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: elkaphi.

______________. 2007. Kajian Tari Teks Dan Konteks, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Hidajat, Robby. 2011. Koreografi dan Kreatifitas Pengetahuan dan Petunjuk

Praktikum Koreografi. Yogyakarta:Kendil Media Pustaka Seni Indonesia.

______________. 2013. Kreativitas Koreografi Pengetahuan dan Praktikum Koreografi BagiGuru. Malang: Surya Pena Gemilang.

______________. 2017. Kreativitas Koreografi Pengetahuan dan Praktikum Koreografi Bagi Guru. Malang: Surya Pena Gemilang.

Kaelan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama dan Humaniora. Yogyakarta: Paradigma.

Moleong, Lexi J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhadjir,Noeng.1996.Metodologi Penelitian Kualitatif.Rakesarasin. Yogyakarta.

Purbani, Widyastuti., dkk. 2017. Suplemen Pedoman Tugas Akhir TAS/ TAKS/TABS. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Semiawan,Conny.R.[dkk].2002.Dimensi Kreatif Dalam Filsafat Ilmu .Bandung:Rosda.

Smith, Jacqueline. Terjemahan Ben Suharto. 1985. Komposisi Tari Sebuah

Petunjuk Praktis Bagi Guru. Yogyakarta: Ikalasti.

Soedarsono, 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta:

Akademi Seni Tari Indonesia.

Sugiyono,Prof.Dr.2011. Metode Penelitian Pendidikan “Pendekatan Kualitatif,

Kuantitatif, dan R &D”.Alfabeta:Bandung.

______________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R and D.

Bandung:Alfabeta.

Suhendar, Ajik Rachmad. 2016. “Kajian Koreografi Bedhaya Sri Tanjung karya

Novyta Mijil Purwana Is di Kabupaten BlitarJawaTimur”,

http://library.um.ac.id/free-contens/printjournal.php/78490.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.