PERKEMBANGAN PENARI JATHIL DARI LAKI-LAKI MENJADI PEREMPUAN DALAM TARI REYOG PONOROGO

Anis Mega Dwi Lestari, Supriyadi Hasto Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan penari Jathil dari laki-laki menjadi perempuan dalam Tari Reyog Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah perkembangan penari Jathil dari laki-laki menjadi perempuan dalam tari Reyog Ponorogo. Subjek penelitian ini yaitu seniman daerah, sesepuh penari Jathil, masyarakat, serta narasumber dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Ponorogo. Metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian yang didapat sebagai berikut: 1) Sejarah Jathil, 2) Faktor yang mempengaruhi perkembangan penari Jathil oleh faktor dari dalam dan faktor dari luar, faktor dari dalam meliputi minat dan motivasi pada diri sendiri. Adapun faktor dari luar yakni dari keluarga, sosial atau lingkungan, dan dari pemerintah, 3) Implikasi Perkembangan pada Penari Jathil dari Laki-laki menjadi Perempuan dalam Tari Reyog Ponorogo. Perkembangan yang terjadi dalam bentuk penyajian pada penari Jathil dilihat melalui aspek gerak, tata rias dan busana, iringan, desain lantai, dan properti. Perubahan pada penari Jathil dari laki-laki menjadi perempuan mampu mempengaruhi bentuk penyajiannya, gerak, tata rias dan busana, iringan, desain lantai, dan properti dimodifikasi untuk menyesuaikan karakter pada penari jathil perempuan, selain itu agar mampu menarik perhatian para penikmat seni dan masyarakat Ponorogo.

Kata Kunci : perkembangan, Jathil, tari Reyog


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.