MINAT BELAJAR TARI KREASI BARU SISWA SD MUHAMMADIYAH KADISOKA

Ria Fitriani, Rumiwiharsih Rumiwiharsih

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa SD Muhammadiyah Kadisoka terhadap tari kreasi baru.

Penelitian kualitatif dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Subjek penelitian adalah siswa SD Muhammadiyah Kadisoka yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Data yang digunakan berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi partisipatif juga dilakukan oleh peneliti dengan mengamati kegiatan belajar mengajar ekstrakurikuler seni tari. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Adapun data dalam penelitian ini dianalisis secara reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan/verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar tari kreasi baru siswa SD Muhammadiyah Kadisoka termasuk tinggi. Minat yang tinggi dalam belajar tari dibuktikan dari daya tangkap siswa yang cepat, semangat belajar siswa serta dukungan berbagai faktor. Mulai dari diri sendiri, teman sebaya, orang tua, guru dan lingkungan sekitar. Adanya peningkatan jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran ini dari semester satu ke semester dua dapat memperkuat hasil penelitian. Peningkatan ini dikarenakan tari kreasi baru dianggap mudah dihafalkan, geraknya mudah dan yang lainya.

Kata Kunci: minat belajar, siswa SD Muhammadiyah Kadisoka


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.