PROSES KREATIF PENCIPTAAN TARI ARJUNA WIRAJAYA KARYA ANTER ASMOROTEDJO

Meilinda Anugrah, Ni Nyoman Seriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Proses Kreatif Penciptaan Tari Arjuna Wirajaya Karya Anter Asmorotedjo melalui tahap eksplorasi, improvisasi, evaluasi, dan komposisi.

Penelitian ini mengkaji proses kreatif dari objek, yaitu tari Arjuna Wirajaya yang meliputi elemen-elemen komposisi tari seperti tema, gerak, iringan, tata rias, tata busana, properti, dan pola lantai dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian tari Arjuna Wirajaya ini adalah Anter Asmorotedjo, selaku koreografer atau pencipta tari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang kemudian diuji keabsahan datanya dengan teknik triangulasi.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Tari Arjuna Wirajaya diciptakan oleh Anter Asmorotedjo pada tahun 2018 untuk dipentaskan dalam pembukaan Pyeongchang Winter Olympic Games 2018. 2) Tema yang digunakan oleh koreografer adalah perjuangan sebagai penggambaran semangat para peserta olimpiade. 3) Penggunaan topeng sebagai alat pergantian karakter penari menjadi ciri khas dari tarian ini. 4) Tahap-tahap yang dilakukan oleh koreografer dalam penciptaan tari ini meliputi eksplorasi (proses pencarian gerak), improvisasi (proses pencarian gerak secara spontan), evaluasi (proses pemilihan gerak dan pembenahan teknik gerak), dan komposisi (proses penyusunan gerak). 5) Faktor- faktor yang mempengaruhi proses kreatif tari Arjuna Wirajaya yaitu lingkungan yang terdiri dari lingkungan luar/eksternal dan lingkungan dalam/internal, sarana atau fasilitas, keterampilan atau skill, identitas atau style koreografer, orisinalitas atau keaslian karya, dan apresiasi penonton.

Kata kunci: Proses Kreatif, Tari Arjuna Wirajaya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.