NILAI ESTETIKA YANG TERKANDUNG DALAM RAGAM TARI KLANA ALUS SUMYAR JUGAG GAYA YOGYAKARTA

Ayunda Meliana S., Marwanto Marwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Nilai Estetika yang terkandung dalam tari Klana Alus Sumyar jugag gaya Yogyakarta.

Pendekatan ini adalah jenis penelitian kualitatif dan menggunakan analisis data deskriptif. Objek pada penelitian ini tari Klana Alus Sumyar jugag gaya Yogyakarta yang berorientasi pada Tari Klasik gaya Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah anak pencipta tari, penerus taridan penari. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif dan untuk pengecekan keabsahan data digunakan Triangulasi Sumber dan waktu.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tari Klana Alus Sumyar Jugag ini memiliki 3 bagian Nilai Estetika yang pertama : (1) Cerita pada tari Klana Alus Sumyar jugag gaya Yogyakarta mengambil dari cuplikan cerita wayang purwo tetapi hanya cerita singkat dan hanya menggambil Tokohnya, tidak menggambil sifat dan karakter dari tokoh tersebut. Yang kedua (2) Iringan dalam tari Klana Alus Sumyar Jugag ini menggunakan gendhing ladrang Sumyar yang hanya dipakai tari Sumyar dan tidak bisa digunakan tari lainnya karena hal tersebut musik tari Sumyar ini memiliki keistimewaan tersendiri dalam musik tari tersebut. Yang kerakhir (3) Gerak pada tari Klana Alus Sumyar jugag gaya Yogyakarta ini terinspirasi dari sebuah tari Klana Raja tetapi diperhalus irama dan dinamisnya tariannya sehingga memiliki keindahan dalam gerak tari tersebut karena yang semulanya gerak tari Gagah yang dijadikan gerak tari Klana Alus, tetapi di dalam gerak tari Klana Alus Sumyar jugag ini ada 26 ragam gerak yang memiliki nilai estetika hanya 5 ragam gerak disinilah terletak nilai keindahan dalam tari tersebut dalam jumlah ragam yang banyak hanya 5 ragam gerak yang memiliki titik berat nilai estetika yang terdiri dari, Muryani Busana (Atrap jamang, Keplok Asto, Miwir Rikmo,atur- atur) dan Kala Kinantang Alus.

Kata Kunci: Nilai Estetika, Ragam Gerak Tari Klana Alus Sumyar jugag.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.