EKSISTENSI KESENIAN BARONGAN SETYO BUDOYO DI DESA LORAM WETAN KECAMATAN JATI KABUPATEN KUDUS

Dinda Putri Ayuningtyas, Sutiyono Sutiyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan eksistensi kesenian Barongan Setyo Budoyo di Desa Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah kesenian Barongan Kudus. Subjek penelitian ini adalah ketua kesenian barongan Setyo Budoyo, penari barongan, dinas kebudayaan dan pariwisata, serta perangkat desa Loram Wetan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Teknik Keabsahan Data menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:1) Sejarah kesenian Barongan Kudus yang diambil dari cerita babat tanah Jawa; 2) Bentuk penyajian Kesenian Barongan Setyo Budoyo yaitu gerak, tata rias, tata busana, tempat pementasan/pertunjukan, properti, iringan music; 3) Bentuk pelestarian Kesenian Barongan yaitu melestarikan kesenian barongan yang dibutuhkan adanya kerjasama anatara pelaku kesenian dengan pemerintah terkait untuk melestarikan kesenian barongan Setyo Budoyo yang hampir punah.

Kata kunci: eksistensi, kesenian, barongan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.