EKSISTENSI TARI KELING GUNO JOYO DI DUSUN MOJO DESA SINGGAHAN KECAMATAN PULUNG KABUPATEN PONOROGO

Dwi Jayanti, Enis Niken Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ”Eksistensi Tari Keling Guno Joyo” di Dusun Mojo Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif yang membahas atau mendiskripsikan Eksistensi Tari Keling Guno Joyo di Dusun Mojo Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber yang dilakukan untuk menguji validitas data tentang Eksistensi Tari Keling Guno Joyo, dengan demikian dapat dilakukan analisa data dengan melalui beberapa tahapan yaitu Mereduksi data, Menyajikan data, dan Penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Eksistensi Tari Keling Guno Joyodi Dusun Mojo Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo merupakan kesenian rakyat yang masih eksis dan diakui keberadaannya oleh masyarakat luas. Terbukti dari adanya pasang surut dalam hal perkembangan dari tiap generasi ke generasi.

Kata kunci: Eksistensi, kesenian, TariKeling.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.