NILAI-NILAI SAKRAL WAYANG ORANG LAKON “LUMBUNG TUGU MAS” DALAM UPACARA TRADISI SURA DI DUSUN TUTUP NGISOR, SUMBER, DUKUN, MAGELANG

Ria Ervina, Muh. Mukti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sakral wayang orang lakon “Lumbung Tugu Mas” dalam upacara tradisi Sura di dusun Tutup Ngisor, Sumber, Dukun, Magelang.

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-kualitatif. Datanya berdasarkan kata-kata, wawancara, observasi, dan dokumen lampiran foto-foto. Objek penelitian ini adalah wayang orang lakon “Lumbung Tugu Mas” dalam upacara tradisi Sura di Tutup Ngisor, Sumber, Dukun, Magelang. Penelitian ini difokuskan pada niliai-nilai sakral wayang orang lakon “Lumbung Tugu Mas” dalam upacara tradisi Sura di dusun Tutup Ngisor, Sumber, Dukun, Magelang. Dalam penelitian ini isntrumen penggumpulan data, yaitu peneliti sendiri. Alat bantu yang digunakan adalah: alat tulis, buku catatan, perekam video, serta kamera. Keabsahan data di peroleh melaluli perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan pengamatan, trianggulasi, adan menggunakan bahan referensi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai sakral dalam wayang orang lakon “Lumbung Tugu Mas”. Adapun nilai-nilai sakral itu adalah : a) Nilai hubungan manusia dengan Tuhan: 1). Slametan, 2). Yasinan, 3).uyon- uyon, 4). Ruwatan, 5). Pementasan tari sakral, 6). Kirab jantilan, 7). Kemitan. , b) Nilai hubungan manusia dengan manusia : 1). Pasang tarub, 2). Slametan, 3). Pasang sesaji, 4). Pementasan wayang orang lakon “Lubung Tugu Mas”,, 5. kemitan, c) Niliai hubungan manusia dengan alam :1). pemilihan waktu, 2). Pemilihan tempat, 3). Sesaji, 4). Slametan, 5). Pasang sesaji, 6). Cerita wayang orang lakon “Lubung Tugu Mas” .

Kata Kunci: Nilai- Nilai Sakral, Wayang Orang lakon “ Lumbung Tugu Mas”, Upacra Tradisi Sura.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.