PERSEPSI KOMUNITAS SANGGAR TARI WAN SENDARI TERHADAP PEMBAKUAN GERAK TARI SEKAPUR SIRIH DI KOTA BATAM

Sriwangi Wulansari, Herlinah Herlinah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi komunitas sanggar tari Wan Sendari terhadap pembakuan gerak tari Sekapur Sirih di Kota Batam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu seniman senior, pimpinan sanggar, koordinator pengurus, tokoh seniman, pelaku seni, pendukung seni, pemusik, penari, dan penonton. Objek penelitian ini yaitu persepsi komunitas sanggar tari Wan Sendari terhadap pembakuan gerak tari Sekapur Sirih di Kota Batam. Uji kredibilitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi data. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan, observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Persepsi positif terhadap pembakuan gerak tari Sekapur Sirih di sanggar tari Wan Sendari Kota Batam terdapat 14 pernyataan. Bersumber dari satu pimpinan sanggar, satu koordinator pengurus, satu pendukung seni, satu pelaku seni, satu pemusik, tujuh penari, dan dua penonton, yang menyatakan pembakuan tersebut dapat memberikan identitas pada tari Sekapur Sirih di Kepulauan Riau; 2) Persepsi negatif terhadap pembakuan gerak tari Sekapur Sirih di sanggar tari Wan Sendari Kota Batam berjumlah 9 pernyataan. Bersumber dari satu pendukung seni, tiga penari, serta lima penonton yang menyatakan bahwa pembakuan tersebut dapat membatasi kreativitas seniman tari di Kepulauan Riau dalam mengembangkan gerak tari Sekapur Sirih.

Kata kunci : persepsi dan tari Sekapur Sirih


Full Text:

PDF

References


Bahari, Nooryan. 2008. Kritik Seni. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bhinneka Surya. 2008. Mengenal Dasar Tari Zapin Jilid-1. Milaz Grafika.

Bungin, Burhan. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hendropuspito, D. 2010. Sosiologi Agama. Kanisius. Yogyakarta

Kusnadi. 2009. Penunjang Pembelajaran Seni Tari. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif (Eds. Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, A. 1992. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: ASTI.

Parman, Said & Syafaruddin. 2010. Buku Panduan Tari Persembahan Adat Melayu Kepulauan Riau. Kepulauan Riau: Lembaga Adat Melayu.

Poerwandari, E. K. 2005. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sarwono, Sarlito W. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

http://zona-mania.blogspot.com/2011/11/pembakuan-bahasa.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.