MANFAAT OLAH TUBUH TARI SEBAGAI MEDIA PENGOLAHAN EMOSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KATEGORI GIFTED: SEBUAH STUDI KASUS

Made Utami Trisna Dewi, Rumiwiharsih Rumiwiharsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perubahan ekspresi pada pengolahan emosi anak berkebutuhan khusus kategori gifted setelah melakukan olah tubuh tari.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam menjaring data peneliti dipandu oleh panduan observasi, panduan wawancara, dan panduan studi dokumentasi. Selain itu, keabsahan data diperoleh melalui cara triangulasi sumber. Dalam penelitian ini subyek penelitian disimbolkan dengan nama Macyusi.

Setelah melakukan olah tubuh tari, maka subyek yang dalam penelitian ini disebut Macyusi dapat mengolah emosinya melalui olah tubuh tari yang dilakukan anak berkebutuhan khusus kategori gifted (dalam penelitian ini disimbolkan sebagai Macyusi) dapat mengolah emosinya. Hal itu ditunjukkan dengan perilaku sebagai berikut : (1) Macyusi dapat menyadari tubuhnya sendiri, (2) Macyusi menjadi lebih paham akan pentingnya kelenturan badan, (3) Macyusi dapat memahami bahwa apapun yang dirasakan dalam hati dapat diolah oleh pikiran yang disalurkan oleh ekspresi wajah secara tidak sadar, (4) Macyusi dapat menggunakan musik instrumen klasikal untuk mengolah emosi, (5) Macyusi dapat mengungkapkan perasaan yang tidak dapat diungkapkan secara terbuka lewat suara kepada orang lain, (6) Macyusi merasa memiliki hobi baru, (7) Macyusi dapat merasakan dampak pengolahan emosi positif, (8) Macyusi dapat menyelaraskan pikiran, perkataan, perasaan, dan tingkah laku melalui harmoni gerak yang didemonstrasikannya, (9) Macyusi menjadi lebih percaya diri dan lebih berani, (10) Macyusi dapat menjadikan olah tubuh tari sebagai media pengolahan emosi positif dan hobi positif serta meningkatkan kreativitas pada kecerdasan yang dimiliki oleh Macyusi.

Kata Kunci : olah tubuh tari, media pengolahan emosi, anak gifted


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.