PERKEMBANGAN REYOG PONOROGO SURYO MATARAM DI DUSUN REJOSARI DESA BALEHARJO KECAMATAN WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

Rera Tianingtyas, Kuswarsantyo Kuswarsantyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Perkembangan Reyog Ponorogo Suryo Mataram di Dusun Rejosari, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta dan pengaruh masuknya Reyog Ponorogo Suryo Mataram Tersebut.

Objek penelitian ini adalah perkembangan Reyog Ponorogo Suryo Mataram di Dusun Rejosari, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisi menggunakan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data di peroleh dengan menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) perkembangan Reyog Ponorogo Suryo Mataram di Dusun Rejosari, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta dimulai dari terbentuknya paguyuban Suryo Mataram pada tahun 2016 dikarnakan banyak masyarakat yang tertarik dan ingin mengembangkan serta melestarikan kesenian Reyog Ponorogo. (a) Faktor- faktor yang mempegaruhi perkembangan Reyog Ponorogo Suryo Mataram di Dusun Rejosari, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta meliputi pengaruh masuknya Reyog Ponorogo dari masyarakat asli Ponorogo atau komunitas Mahasiswa Ponorogo yang ada di Yogyakarta yaitu sebagai acuan penggarapan tari dan musik iringan kesenian Reyog Ponorogo Suryo Mataram, dukungan dari Dinas Kebudayan yaitu memberikan memberikan bantuan dana untuk mengembangkan kesenian Reyog Ponorogo, mendukung kegiatan serta kepercayaan kepada paguyuban Suryo Mataram untuk mewakili kabupaten Gunung Kidul untuk mengikuti Festival Reyog Nasional di Ponorogo dan dukungan dari masyarakat yaitu memberikan wadah atau tempat latihan serta berapresiasi dalam setiap pementasan Suryo Mataram. (b) Bentuk penyajian Suryo Mataram dilihat dari aspek alur cerita, gerak, iringan, rias, busana, properti, jumlah personil dan tempat pertunjukan mengikuti pakem kesenian Reyog Ponorogo. 2) Pengaruh masuknya Reyog Ponorogo Suryo Mataram di Dusun Rejosari, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta sangat positif dilihat dari prestasi yang dicapai, masyarakat yang selalu mendukung dan semakin bertambahnya anggota yang mengikuti.

Kata kunci: perkembangan, Reyog Ponorogo


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.