PELESTARIAN KESENIAN BARONGAN OLEH KOMUNITAS WADYO BOLO SINGO BARONG DI YOGYAKARTA

Anggita Harmustika, Sutiyono Sutiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelestarian Kesenian Barongan oleh Komunitas Wadyo Bolo Singo Barong di Yogyakarta.

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan objek penelitian yaitu Kesenian Barongan oleh Komunitas Wadyo Bolo Singo Barong yang berada di Klampok, Karang Asem, Sendangtirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Ketua dan Seniman Komunitas Wadyo Bolo Singo Barong. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Teknik triangulasi yang dilakukan adalah gabungan triangulasi metode dan triangulasi sumber data.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Komunitas Wadyo Bolo Singo Barong berdiri pada tanggal 7 November 2015. (2) Kesenian Barongan yang dilestarikan merupakan Kesenian Barongan dari Jawa Timur. (3) Upaya pelestarian Kesenian Barongan didukung oleh Seniman (Group), Masyarakat, Pemerintah dan Pihak Terkait. Seniman (Group) dapat berperan dalam media sosial seperti latihan dan rapat rutin, dan pementasan. (4) Bentuk penyajian Kesenian Barongan oleh Komunitas Wadyo Bolo Singo Barong merupakan bentuk penyajian representasional.

Kata kunci: pelestarian, Kesenian Barongan, Wadyo Bolo Singo Barong


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.