PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TARI BEDANA MARAWIS UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Fitriana Fiolina, Kusnadi Kusnadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk multimedia pembelajaran interaktif tari Bedana Marawis yang tervalidasi yang digunakan untuk pembelajaran tari pada siswa Sekolah Menengah Pertama.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap pertama planning meliputi analisis kebutuhan dan studi literal; tahap kedua design meliputi pembuatan flowchart dan membuat storyboard; tahap ketiga development meliputi pengumpulan bahan pendukung, memproduksi komponen media, pemrograman, uji alfa, uji beta, dan produksi akhir. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah ahli media pembelajaran (uji alfa), ahli materi pembelajaran (uji alfa) dan siswa kelas VIII A dan VIII C SMP N 3 Pakem sebagai pengguna (uji beta). Media pembelajaran dinyatakan layak apabila skor rata-rata akhir minimal 75.

Hasil penelitian berupa multimedia interaktif tari Bedana Marawis yang tervalidasi. Hasil evaluasi ahli media menghasilkan total skor rata-rata sebesar 90,75 dengan rincian sebagai berikut: aspek teks 95; aspek visual memiliki 93,75; aspek navigasi 90; aspek pembelajaran 85; dan aspek animasi, audio, video 90, maka kelimanya termasuk kategori layak. Hasil evaluasi ahli materi menghasilkan total skor rata-rata sebesar 83,25 dengan rincian sebagai berikut: aspek kebenaran dan relevansi materi 80; aspek struktur penyajian materi 87,5; dan aspek pembelajaran 83,3 maka ketiganya termasuk kategori layak. Hasil uji coba lapangan utama menghasilkan total skor rata-rata sebesar 82 dengan rincian sebagai berikut: aspek tampilan 83,5; aspek materi 81,75; dan aspek pembelajaran 81,25 maka ketiganya termasuk kategori layak. Berdasarkan analisis hasil evaluasi ahli media dan ahli materi (uji alfa) uji coba lapangan utama (uji beta) disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran seni tari di SMP.

Kata kunci : multimedia interaktif, pembelajaran tari Bedana Marawis, siswa SMP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.